Friday, May 22, 2020

RPP SATU LEMBAR BAHASA INGGRIS KELAS 7 K13 2020


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Satuan Pendidikan       : SMP TAHFIDZQU
Mata Pelajaran/Tema              : BAHASA INGGRIS
Kelas/Semester                       : VII/genap
Materi Pokok                          : Simple Past Tense
Alokasi Waktu                        : 2 x 45
1. Tujuan Pembelajaran
Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait dengan tingkah laku/tindakan/fungsi orang, binatang, benda sesuai dengan konteks penggunaannya. (perhstiksn unsur kebahasaan simple past tense)
2. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
2.1. Alat dan Bahan (KBM Daring)
2.1.1. Alat : Laptop, HP dan Internet
2.1.2. Bahan : Alat tulis dan buku materi
2.3. Kegiatan pembelajaran
Berdoa sebelum dan sesudah belajar. Guru menjelaskan materi tentang Simple Past Tense. Guru menejelaskan meteri pembelajaran melalui group WA memberi materi powerpoint yang di bagikan di group watsapp KBM. Siswa diberi tugas mengubah kalimat present  menjadi past tense. Selanjutnya guru menanggapi dan memberi apresiasi kepada siswa.
2.4. Menyimpulkan dan Penilaian Pembelajaran
2.4.1. Kesimpulan Pembelajaran
The simple past (also called past simple, past indefinite or preterite) is a verb tense which is used to show that a completed action took place at a specific time in the past. The simple past is also frequently used to talk about past habits and generalizations.
2.4.2. Penilaian
-terlampir



Rabu, 29 April 2020
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                       Guru Mata Pelajaran/Kelas                
                                                                                                           Rudian, S.S.
NIP                                                                                                     NIP







Lampiran.
A.    Penilaian
1. Sikap (spiritual dan sosial)
    a. Sikap Spiritual
No
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Butir Instrumen
Waktu Pelaksanaan
Keterangan

Obsevasi
Jurnal
Lembar jurnal. Terlampir di lampiran 1
Saat pembelajaran berlangsung
Penilaian untuk dan pencapaian pembelajaran (assessment for and of learning)

  b. sikap sosial
No
Teknik
Bentuk instrumen
Butir instrumen
Waktu pelaksanaan
Keterangan

Observasi
Jurnal
Lembar jurnal terlampir di lampiran 2
Saat pembelajaran berlangsung
Penilaian untuk dan pencapaian pembelajaran (assessment for and of learning)

  c. pengetahuan
No
Teknik
Bentuk instrumen
Contoh butir instrumen
Waktu pelaksanaan
Keterangan
1
Tertulis
Esai/uraian
(terlampir dalam LKPD)
Saat pembelajaran dalam tahap mengasosiasi pada pendekatan saintifik
Penilaian pencapaian pembelajaran (assessment for and of learnig)
2
Penugasan
Esai/uraian
(Terlampir dalam LKPD)
Setelah pembelajaran usai
Penilaian untuk pembelajaran (assessment for learning)

  d. Keterampilan
No
Teknik
Bentuk instrumen
Contoh butiran instrumen
Waktu pelaksanaan
Keterangan
1
Praktik
Rubrik penilaian presentasi
Menjelaskan fungsi dan penggunaan quantifier
Saat pembelajaran berlangsung
Assessment for and of learning

B.     Rencana Tindak Lanjut Hasil Belajar
Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Penilaian Pembelajaran remedial

Peserta didik yang belum mencapai KKm (KKM=75) akan diberi remedial yaitu mempelajari kembali materi yang belum dikuasai dengan bi,bingan guru.
Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM.
Pada kegiatan remedial guru untuk memberikan pemahaman kepada peserta didik yang belum mencapai kompetisi dasar.
a. Jika jumlah peserta didik yang memiliki nilai di bawah KKM > 25% maka guru harus mmberikan pelajaran ulang materi pewarisan sifat pada bagian yang banyak kesulitan
b. Jika jumlah peserta didik yang memiliki nilai dibawah KKm<25% maka guru memberikan pendampingan khusus kepada peserta didik yang masih dibawah KKM dengan pembelajaran ulang dan kemudian dilakukan remidi kembali
Materi remidial berupa materi yang tingkat ketercapaian indikatornya rendah, remidial dilakukan setelah dilakukan analisis jawaban peserta didik.

No
Teknik
Bentuk instrumen
Contoh butiran instrumen
Waktu pelaksanaan
Keterangan
1
Tertulis
Pertanyaan tertulis dengan bentuk soal uraian
Terlampir di lampiran 4
Setelah pembelajaran usai
Penilaian p

2. Pembelajaran Pengayaan

3. Pembelajaran Remedial